UPTD SMA 2 TEGAL Jl Lumba lumba No 24 Kota Tegal telp.0283 356816 kode pos 52111 email: sman2_kotategal@yahoo.com facebook: http://www.facebook.com/sman2.kotategal

Sabtu, 02 Mei 2015

Daftar Siswa yang di terima jalur SNMPTN SMA Negeri Se Kota Tegal Tahun 2015

TEGAL – Jumlah lulusan SMA di Kota Tegal yang diterima di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015, menurun drastis. Hal ini terbukti di beberapa SMA, misalnya SMA 1, SMA 3 dan SMA 4.
Para guru belum mengetahui penyebabnya. Kepala SMA 1, Rismono kemarin mengakui saat ini siswanya yang diterima lewat jalur SNMPTN ada 44 siswa, sedangkan tahun lalu ada 93 anak.
”Secara kuantitatif memang menurun, namun secara kualitatif mengalamni kenaikan. Ini karena ada delapan siswa kami yang diterima di fakultas kedokteran PTN yang bergengsi seperti UI, UGM, Undip,”ujar Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Menengah Atas itu. Untuk hasil UN, baik IPA maupun IPS, SMA 1 meraih yang terbaik.
Kepala SMA 3 Aziz Iqbal pun mengakui, jumlah lulusan yang diterima lewat SNMPTN menurun. Kalau tahun lalu siswa yang diterima 63, kini hanya 27. ”Saya belum tahu persis penyebabnya kenapa bisa begitu,” ujar Sekretaris MMKKS itu.
Namun menurut Aziz mungkin itu terjadi akibat nilai UN yang diperoleh siswanya memang menurun. Mungkin pula karena mereka memilih program studi yang padat peminat sehingga persaingannya sangat ketat.
Sedangkan lulusan SMA 4 yang diterima lewat SMPTN saat ini hanya tiga anak, padahal tahun lalu ada 26. Namun Kepala SMA itu, Wiyarna beberapa kali dihubungi lewat pesawat ponselnya belum berhasil.
Namun salah satu guru Eko Sururi membenarkan hal itu. Sementara itu lulusan SMA 5 yang diterima di PTN tanpa tes ada empat orang. Kepala SMA 5, Masudki yang dihubungi beberapa kali lewat Waka Kesiswaan, Edy Supiliyanto belum berhasil ditemui.
Dra Rosa Herawati selaku Kepala sekolah kemarin mengatakan, siswa SMA N 2 yang diterima di PTN lewat jalur SNMPTN ada 23 anak. Beberapa SMA swasta juga ada siswanya yang diterima lewat jalur SNMPTN.
Di antaranya lulusan SMAAl Irsyad yang diterima di PTN ada 20 anak, namun 12 di antaranya diterima di Universitas Islam Negeri (UIN). Satu lulusan SMA Pancasakti diterima di PTN tanpa tes, sedangkan lulusan SMA Ihsaniyah ada empat anak. (Sumber suara merdeka. senin 18 Mei 2015)

SMA N 1 TEGAL : 44 sISWA
SMA N 2 TEGAL : 23 SISWA
SMA N 3 TEGAL : 27 SISWA
SMA N 4 TEGAL : 3 SISWA
SMA N 5 TEGAL : 4 SISWA